Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. [3] Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak.[4] Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman,
dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka
memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup
pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat
kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan
mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja"
atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama buku
yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan
membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan
setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di
situs ini.[5][update]
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.[6] Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas
lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya
untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut
survei Consumer Reports
bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki
akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar
persyaratan layanan situs ini.[7]
Studi Compete.com
bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial
yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di
seluruh dunia.[8] Entertainment WeeklyScrabulous sebelum Facebook diciptakan?"[9] Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011.[10] Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook.[11]
Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah
wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan
Kanada pada Mei 2011.[12]
menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar,
"Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang
tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain
Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not,
dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring
di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu
dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".[13][14]
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki "buku wajah"
(direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik
450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama
mengudara.[13][15]
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun
dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg
dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan.[16]sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.[15] Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan
membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs
web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash.[17] Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.[18]
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan.[19] Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson,
dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut
mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya
diselesaikan.[20]
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.[21] Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.[22] Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.[23][24]
Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan.[25] Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.[22] Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[26] Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.[27]
Tanggal | Pengguna (juta) |
Jeda hari | Pertumbuhan bulanan[N 2] |
---|---|---|---|
26 Agustus 2008 | 100[28] | 1.665 | 178.38% |
8 April 2009 | 200[29] | 225 | 13.33% |
15 September 2009 | 300[30] | 160 | 9.38% |
5 Februari 2010 | 400[31] | 143 | 6.99% |
21 Juli 2010 | 500[32] | 166 | 4.52% |
5 Januari 2011 | 600[33][N 3] | 168 | 3.57% |
30 Mei 2011 | 700[34] | 145 | 3.45% |
22 September 2011 | 800[35] | 115 | 3.73% |
24 April 2012 | 900[36] | 215 | 1.74% |
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya.[37] Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.[38] Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft.[39] Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.[40][41]
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah
membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan
Facebook nilai sebesar $15 milyar.[42] Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.[43] Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.[44][45]
Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham
perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon.[46] Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.[47] Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya.
Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.[48]
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar
20.000 profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan,
termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai
bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.[49]
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California.[50][51]
Statistik DoubleClick
memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada
bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak
dikunjungi di dunia.[52]
Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu
tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media
Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah situs web
yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.[53]
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko
bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook.
Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android.[54] Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar.[55]
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial.[56]
Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana
pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar,
sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum
baru terbesar sepanjang sejarah.[57] Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara.[58] IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat.[59][60]
Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap
berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor
baru dalam hal volume perdagangan IPO.[61] Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission
mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan
pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh
pemegang saham.[62]
Perusahaan
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk,[63] dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklancomScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!.[64]privasi[65] Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang dibeli teman". Microsoft. Menurut Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko pengguna.
Facebook umumnya memiliki tingkat klik
(CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar
lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di
Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan.[66] Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google
mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam
satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian),[67][68] sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan[69] Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace,
jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook
tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk
tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih
cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan
untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar
dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih
banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna
menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian
mereka teralihkan dari iklan.[70] mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu.
Tahun | Pendapatan | Pertumbuhan |
---|---|---|
2006 | $52[71] | — |
2007 | $150[72] | 188% |
2008 | $280[73] | 87% |
2009 | $775[74] | 177% |
2010 | $2.000[75] | 158% |
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding.[76]
Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008
bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali
lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien
pertamanya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka.[77]
Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40%
pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya,
sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video spanduk.[78]
Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara.[79] Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[80] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus
memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya
dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing.[81] Adam D'Angelo,
kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada
Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai
bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan
ini.[82]
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association
dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau
mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga
pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal
sepanjang sejarah.
Situs web
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan
pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat
berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau
umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan
grup ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman
penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh
banyak organisasi dengan maksud beriklan.[84]
Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna
mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat
bagian-bagian tertentu dari profil mereka.[85] Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk.[86]
Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar
dapat diakses oleh setiap orang. Pengguna dapat mengontrol siapa saja
yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya
melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.[87]
Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya.[88]
Perbedaan lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat
mengatur identitas asli mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di
MySpace.[89]HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah.[90] Facebook memiliki sejumlah fitur yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya adalah Dinding, kotak di setiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna tersebut;[91] Colek,
yang memungkinkan pengguna mengirimkan "colekan" virtual satu sama lain
(pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek);[92] Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto;[93]Status, yang memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka saat itu.[94]
Tergantung pengaturan privasinya, setiap orang yang dapat melihat
sebuah profil pengguna dapat juga melihat Dinding pengguna. Bulan Juli
2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di
Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks
saja.[91] MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan dan
Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed[95]
Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi
fitur-fitur tersebut dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong
demi menarik perhatian ke profil atau kampanye tersebut.[96]
Awalnya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara pengguna
Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan
penuh dengan informasi yang tidak perlu, sementara pengguna lain
menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak aktivitas seseorang
(seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan dengan
pengguna lain).[97]
diluncurkan yang ditempatkan di setiap halaman utama pengguna dan
memberitahukan informasi seperti perubahan profil, acara berikutnya, dan
ulang tahun teman pengguna.
Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya atas
kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang dapat diatur
sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol terhadap jenis-jenis
informasi apa saja yang dapat dibagikan secara otomatis kepada teman.
Sekarang pengguna mampu mencegah sekelompok teman melihat pembaruan
aktivitas-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan
teman yang baru ditambahkan.[98]
Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten[99]
terhadap serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed
ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna dapat berpartisipasi
dalam aktivitas yang sama seperti pengguna lain.[100] Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan terhadap situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.[101]
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat pengguna dapat mengunggah album dan foto.[102] Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr
yang membatasi jumlah foto yang dapat diunggah seseorang. Pada
tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk mengunggak
60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto
per album.[103][104][105][106]
Pengaturan privasi dapat diatur untuk album individu yang membatasi
kelompok pengguna yang dapat melihatnya. Misalnya, privasi suatu album
diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa
melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga semua pengguna
Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah
kemampuannya untuk "tag",
atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, jika sebauh foto
berisi seorang teman pengguna, maka pengguna dapat menandai temannya di
foto tersebut. Tindakan tersebut mengirimkan pemberitahuan kepada teman
yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk melihat foto tersebut.[107]
Facebook Notes diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blog
yang mengizinkan tag dan penanaman gambar. Pengguna dapat mengimpor blog
dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lain.[40] Sepanjang minggu 7 April 2008, Facebook merilis aplikasi pesan instan berbasis Comet[108][109] yang mengizinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan fungsinya sama seperti pengantar pesan instan berbasis desktop. bernama "Chat" ke sejumlah profil,
Facebook meluncurkan Gifts
pada 8 Februari 2007 yang memungkinkan pengguna mengirimkan hadiah
virtual kepada temannya yang muncul di profil penerima. Masing-masing
hadiah berharga $1,00 dan pesan pribadi dapat disertakan pada setiap
hadiah.[110][111] Tanggal 14 Mei 2007, Facebook meluncurkan Marketplace, yang memungkinkan pengguna mengirimkan iklan pendek gratis.[112] Marketplace telah dibanding-bandingkan dengan Craigslist oleh CNET,
yang menunjukkan bahwa perbedaan utama antara keduanya adalah daftar
yang dikirimkan pengguna di Marketplace hanya bisa dilihat oleh pengguna
yang berada di jaringan yang sama seperti pengguna tersebut, sementara
daftar yang dikirimkan di Craigslist dapat dilihat oleh semua orang.[113]
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan "Facebook Beta", yaitu
desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan
Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha
untuk membuatnya terlihat lebih "sederhana".[114]
Setelah awalnya memberi pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai
memindahkan semua pengguna ke versi halaman baru pada September 2008.[115][116] Tanggal 11 Desember 2008, diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 13 Juni 2009, Facebook memperkenalkan fitur "Usernames", yaitu halaman-halaman dapat ditautkan menggunakan URL yang lebih simpel seperti
http://www.facebook.com/facebook
http://www.facebook.com/profile.php?id=20531316728
.[117] Banyak telepon pintar baru menawarkan akses ke Facebook melalui peramban web atau aplikasi mereka. Aplikasi Facebook yang resmi diluncurkan untuk iPhone OS, Android OS, dan WebOS. Nokia dan Research In Motion
menyediakan aplikasi Facebook pada telepon genggam mereka. Lebih dari
150 juta pengguna aktif mengakses Facebook melalui telepon genggam yang
terdaftar pada 200 operator di 60 negara. dibandingkan dengan
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook
Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan,
"memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel
@facebook.com, namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah
diantisipasi sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah
pengamat menyebutnya sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan
diluncurkan kepada semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan instan, surel,
dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi sama seperti
layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook Messages memakan 15
bulan dalam pengembangannya.[118][119]
[sunting] Penerimaan
Menurut comScore, Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada April 2008.[120] ComScore melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah peningkatan sebesar 8,6 juta orang.[121]Alexa,
peringkat Facebook di antara seluruh situs web menurut lalu lintas
dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006 hingga September 2007, dan
saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia.[122]Quantcast[123] dan Compete.com[124]
menempatkan Facebook pada peringkat ke-2 menurut lalu lintas di AS.
Situs web ini adalah yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan
total 50 milyar unggahan foto.[125] Tahun 2010, Sophos
"Security Threat Report 2010" melakukan pemungutan suara dari 500
firma, 60% di antaranya mengatakan bahwa mereka percaya Facebook adalah
jaringan sosial yang memiliki ancaman keamanan terbesar dibandingkan
MySpace, Twitter, dan LinkedIn.[65] Menurut
Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial paling populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada,[126] Britania Raya,[127] dan Amerika Serikat.[128][129][130][131]
Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi ada di
Amerika Utara (69%), diikuti Timur Tengah-Afrika (67%), Amerika Latin
(58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).[132]
Situs ini telah memenangkan berbagai penghargaan seperti "Top 100 Classic Websites" oleh PC Magazine[133] dan "People's Voice Award" dari Webby Awards tahun 2008.[134]
Dalam studi tahun 2006 yang dilakukan Student Monitor, sebuah
perusahaan riset pasar mahasiswa perguruna tinggi yang berbasis di New Jersey, Facebook disebut sebagai hal yang paling populer kedua di antara para sarjana, sejajar dengan bir dan kurang populer dibandingkan iPod yang menempati peringkat pertama.[135] tahun 2007,
Bulan Maret 2010, Hakim Richard Seeborg mengeluarkan perintah menyetujui penyelesaian kelompok dalam kasus Lane v. Facebook, Inc., tuntutan hukum kelompok yang muncul karena program Facebook Beacon.
Tahun 2010, Facebook memenangkan "Best Overall Startup or Product" dari Crunchie untuk ketiga kalinya secara berturut-turut[136] dan diakui sebagai salah satu "Perusahaan Silicon Valley Terbaik" oleh Lead411.[137] Tetapi, menurut survei bulan Juli 2010 oleh American Customer Satisfaction Index,
Facebook mendapatkan skor 64 dari 100 dan menempatkannya di bawah dari
seluruh perusahaan swasta menurut kepuasan pelanggan, bersama
industri-industri seperti sistem berkas elektronik IRS, maskapai penerbanganperusahaan kabel.
Alasan Facebook mendapat skor rendah yaitu masalah privasi, sering
berubahnya antarmuka situs, hasil yang diberikan News Feed, dan spam.[138] dan
Bulan Desember 2008, Mahkamah Agung Teritori Ibu Kota Australia mengeluarkan aturan bahwa Facebook merupakan protokol
yang sah untuk melayani pemberitahuan pengadilan kepada terdakwa. Ini
merupakan pengadilan hukum pertama di dunia yang menetapkan bahwa panggilan pengadilan yang dikirimkan melalui Facebook adalah ikatan hukum.[139]
Bulan Maret 2008, hakim pembantu Pengadilan Tinggi Selandia Bru, David
Glendall mengizinkan pelayanan berkas hukum Craig Axe oleh perusahaan
Axe Market Garden dilakukan melalui Facebook.[140] Perusahaan (seperti Virgin Atlantic Airways)
juga menggunakan Facebook dengan maksud agar tetap terhubung dengan
karyawan mereka dan pernah memecat karyawan karena kiriman mereka.[141]
Pada 2005, pemakaian Facebook sudah sangat meluas sehingga kata kerja facebooking mulai digunakan untuk menjelaskan proses pencarian profil seseorang atau memperbarui profil diri sendiri.[142] Bulan 2008, Collins English Dictionary mengumumkan "Facebook" sebagai Kata Tahun Ini.[143] Bulan Desember 2008, New Oxford American Dictionary mengumumkan kata tahun ini adalah kata kerja "unfriend" yang didefinisikan sebagai "Menghapus seseorang sebagai 'teman' di sebuah situs jaringan sosial seperti Facebook. Misalnya, 'I decided to unfriend my roommate on Facebook after we had a fight.'"[144]
Pada April 2010, menurut The New York Times, negara yang memiliki pengguna Facebook terbanyak adalah Amerika Serikat, Britania Raya dan Indonesia.[145]
Indonesia telah menjadi negara dengan jumlah pengguna Facebook
terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat dengan 24 juta pengguna
atau 10% dari total penduduk Indonesia.[146] Pada awal 2010, Openbook didirikan, sebuah situs web parodi (dan advokasi pribadi)[147] yang memungkinkan pencarian berbasis teks terhadap kiriman-kiriman Dinding yang tersedia bagi "Semua orang" di Internet.
Penulis The Wall Street Journal
menemukan pada 2010 bahwa aplikasi Facebook mengirimkan informasi
identifikasi kepada "lusinan perusahaan periklanan dan pelacakan
Internet". Aplikasi tersebut menggunakan referer HTTP
yang memaparkan identitas pengguna dan teman-temannya. Facebook
mengatakan, "Kami telah melakukan tindakan untuk mematikan semua
aplikasi yang melanggar peraturan kami".[148]
[sunting] Kritik
Facebook telah menghadapi berbagai kontroversi. Situs ini telah diblokir di beberapa negara termasuk Republik Rakyat Cina,[149] Vietnam,[150] Iran,[151] Uzbekistan,[152] Pakistan[153] Suriah,[154] dan Bangladesh
atas alasan yang berbeda-beda. Misalnya karena anti-Islam dan konten
diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook, situs ini dilarang di
banyak negara di dunia. Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa
perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu.[155] Privasi pengguna Facebook[156]
juga dipermasalahkan dan keamanan akun pengguna telah ditembus beberapa
kali. Facebook berhasil menyelesaikan tuntutan hukum mengenai klaim
kode sumber dan properti intelektual.
[sunting] Dampak politik
Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire, ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College
bekerjasama untuk mengizinkan pengguna memberi umpan balik langsung
mengenai debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.[157][158][159] Charles Gibson menjadi moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College.
Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur
berdasarkan topik tertentu, mendaftar untuk memilih, dan mengirim
pertanyaan.[160]
Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics' di
Facebook agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon
pengguna terhadap komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat
debat.[161]
Debat ini menunjukkan kepada komunitas masyarakat tentang apa yang
telah dialami remaja saat ini: Facebook adalah cara baru yang sangat
populer dan kuat untuk berinteraksi dan menyuarakan pendapat. Artikel
yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com mengilustrasikan bagaimana
"efek Facebook" telah memengaruhi tingkat suara remaja, mendukung
kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi remaja pada pemilu
2008.[162]
Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama "One Million Voices Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu penduduk Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol).[163] Bulan Agustus 2010, salah satu situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan Facebook.[164]
Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang memimpin staf untuk meneliti sifilis,
mempertautkan dan menyalahkan kenaikan kasus sipilis di sejumlah
wilayah Britania kepada Facebook. Laporan penelitian ini dikecam oleh
Facebook karena "mengabaikan perbedaan antara korelasi dan kausalitas."[165]
Di media
|
- Pada usia 102 tahun, Ivy Bean dari Bradford, Inggris bergabung dengan Facebook pada usia 108 tahun dan menjadikannya salah satu orang tertua yang terdaftar di Facebook. Sebagai inspirasi bagi penghuni panti jompo tempat ia tinggal,[166] ia langsung dikenal luas dan sejumlah halaman penggemar dibuat untuk menghormatinya. Ia menjumpai Perdana Menteri Gordon Brown dan istrinya, Sarah, di Downing Street pada awal 2010.[167] Beberapa saat setelah membuat halaman Facebook-nya, Bean bergabung dengan Twitter ketika ia mencapai batas jumlah teman yang ditetapkan Facebook. Ia menjadi orang tertua yang menggunakan Twitter. Pada kematiannya bulan Juli 2010, ia memiliki 4.962 teman di Facebook dan lebih dari 56.000 pengikut di Twitter. Kematiannya dilaporkan secara luas di media dan ia menerima penghormatan dari sejumlah tokoh media terkenal.[168]
- "FriendFace", episode bulan Desember 2008 dari sebuah sitkom Britania, The IT Crowd, memparodikan Facebook dan situs-situs jejaring sosial secara umum.[169]
- Penulis Amerika Serikat, Ben Mezrich menerbitkan buku pada Juli 2009 mengenai Mark ZuckerbergThe Accidental Billionaires: The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal.[170] dan pendirian Facebook yang berjudul
- Sebagai respon terhadap kontroversi Everybody Draw Mohammed Day dan dilarangnya Facebook di Pakistan, situs Facebook versi Islam diciptakan dan diberi nama MillatFacebook.[171]
- "You Have 0 Friends", salah satu episode bulan April 2010 dari serial animasi komedi Amerika Serikat, South Park, memparodikan Facebook.[172]
- The Social Network, film drama yang disutradarai David Fincher mengenai pendirian Facebook dirilis tanggal 1 Oktober 2010.[173] Film ini menampilkan pemain ensembel yang terdiri dari Jesse EisenbergMark Zuckerberg, Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin, Justin Timberlake sebagai Sean Parker, dan Armie Hammer sebagai Cameron dan Tyler Winklevoss. Film ini ditulis oleh Aaron Sorkin dan diadopsi dari buku karya Ben Mezrich tahun 2009, serta didistribusikan oleh Columbia Pictures. Tidak ada anggota staf Facebook, termasuk Zuckerberg, yang terlibat dalam proyek ini. Namun, salah satu pendiri pendamping Facebook, Eduardo Saverin, adalah narasumber bagi buku Mezrich. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa The Social Network tidak akurat.[174] sebagai
0 komentar:
Posting Komentar