Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Minggu, 11 November 2012

Sejarah Jam dan Perkembangannya

Sejarah Jam dan Perkembangannya

Pagi, siang, malam, pagi, siang, malam, begitu selanjutnya dan secara terus menerus, bagaimana dahulu cara membedaan waktu yang secara detail? berikut ini kita akan membahas tentang Sejarah Jam dan Perkembangannya. dari tahun ke tahun. Sejak dahulu semua orang membedakan waktu dengan cara melihat matahari, namun jika terjadi mendung bagaimana? tahukan anda di zaman dahulu orang-orang kuno dapat menentukan waktu secara tepat dan akura? Berikut ini akan saya berikan penjelasan mengenai sejarah jam serta perkembangannya sampai dengan jam-jam modern yang kita pakai pada saat ini.

Sejarah Jam

Kata “Jam” telah digunakan pada abab ke-14 sekitar 700 tahun silam. Kata “jam” ini berasal dari bahasa latin yaitu “Clocca”.
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Jam Sundial adalah jam tertua atau biasanya disebut jam matahari adalah jam yang pertama kali digunakan sekitar  3500 sebelum Masehi. Sungguh jam yang benar-benar tua. Prinsip kerja jam ini yaitu dengan menunjukkan berdasarkan letak matahari dengan cara melihat bayangan matahari.
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Sekitar 6 atau 6 abad yang lalu bangsa Mesir mengukur waktu dan membuatkan kalender menggunakan Obelisk.
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Jam Pasir ini muncul pada tahun 1400 sebelum masehi yang berdasarkan peninggalan di kuburan Amenhoterp I, peninggalannya yaitu berupa bejana kecil yang memiliki lubang pada bawahnya yang gungsinya untuk meneteskan air yang ada pada dalam bejana tersebut.
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Jam air ini diberi nama “Clepsydra” (Kleph-Sur-Druh) karena dengan menggunakan air dan muncul pada tahun 1400SM.
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Nama jam ini adalah “Elephant Clock” yang berbentuk gajah dan bisa menghasilkan suara tiap jam nya yang berada di Al-Jaziri (1136-1206).
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Nama jam ini adalah hamilton Pulsomatic yang dibuat oleh The hamilton Watch Co of Lancaster Pennsylvania yang berbentuk Digital pada tahun 1950 -an yang sebagai perusahan yang pertama kali membuat jam Elektrik atau Digital.
ROLEX
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Jam tangan ini menjadi populer sejak adanya film James Bond 007 ‘On Her Majesty’s Secret Service’ pada tahun 1969. Dalam adegannya, James Bond menggunakan Jam Rolex Oyster pada saat berbagai aksi yang berbasis teknologi.
G-SHOCK
Sejarah Jam
Sejarah Jam
G-SHOCK adalah produk Casio, sebuah perusahaan jam ternama pada tahun 1983. Sampai dengan 1990-an, jam tangan ini sangat di minati oleh berbagai kalangan terutama para-para selebritis. Bentuk desain nya unik yang dipadukan dengan warna-warna.
ODM
Sejarah Jam
Sejarah Jam
Desain yang unik dan tidak mudah ditiru serta original ini membuat ODM banyak disukai pada saat ini. Jam tangan terobosan terbaru ini dengan desain jam dan timekeeping mulai di sukai oleh kalangan remaja-remaja.
Demikianlah sejarah jam dari waktu ke waktu dengan berbagai bentuk dan berbagai fungsi. Semakin majunya zaman maka semakin maju pula teknologi ini. tapi kita patut berterima kasih kepada orang yang pertama kali membuat jam yang mempunyai inisiatif yang sangat cemerlang. Semoga sejarah jam serta perkembangan nya ini dapat menammbah wawasan dan ilmu kita tentang teknologi-teknologi masa kini dan masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar