Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Minggu, 11 November 2012

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

Berikut tips menghilangkan serangan kantuk saat belajar:
1. Duduk tegak. Perhatikan posisi duduk kamu. Usahakan selalu tegak. Alasannya agar peredaran darah lancar hingga ke otak. Saat posisi duduk tegak, pembulu darah utama medula oblongata bisa terbuka lebar seperti selang yang bulat. Jangan duduk terlalu menyandar atau menunduk. Posisi ini membuat saluran pembuluh darah 'terpencet' sehingga peredaran darah terhambat.
2. Cuci atau membasuh wajah. Cara ini adalah warisan nenek moyang. Dan memang sangat manjur. Silahkan dicoba.
3. Lakukan aktivitas aneh. Seperti menulis nama Anda menggunakan tangan kiri (kalau biasa memakai tangan kanan) atau membaca secara terbalik. , dan sebagainya yang akan membuat otak Anda aktif kembali.
4. Lonjak-lonjak 50 kali, teknik ini efektif sekali untuk meningkatkan kembali kecepatan jantung Anda dalam memompa darah sehingga oksigen bisa masuk ke otak secara penuh.
5. Minum seteguk air. Kesegaran air melalu kerongkongan Anda akan menimbulkan sensasi segar luar biasa sehingga ngantuk pun akan hilang seketika.
6.Bangkitkan semangat dengan menghayati tujuan belajar. Yakinkan diri anda bahwa saat ini belajar lebih penting dari tidur.
7.Ditemani makan ringan. Siapkan makanan ringan untuk mengalihkan perhatian dari rasa kantuk. Jangan sampai perhatian belajar juga dialihkan.
8. Putar musik kesukaan kamu. Ini cara membuat seru suasana hati untuk belajar.
9. Belajar sambil Online. Online di internet sangat bermanfaat jika digunakan untuk tujuan positif. Salah satunya saat belajar. Anda bisa belajar sambil membuka status Facebook, Twitter dan sejenisnya. Dengan banyak itung-itung bisa diajak diskusi tentang pelajaran yang dibahas.
7.Membuat trik sendiri / Menyisipkan trik untuk memudahkan anda dalam belajar.

1 komentar:

opick wuri mengatakan...

thank's... cara ini sangat membantu saya

Posting Komentar