Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Selasa, 09 April 2019

Artikel


Permasalahan SMPN 1 Subang

Oleh Arini Ratnasari

Kelas : IX A





            Sekolah didefinisikan sebagai bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima atau memberi pelajaran. SMPN 1 Subang dikenal baik oleh masyarakat luas, terutama masyarakat Subang, terletak di Jalan Letjen Soeprapto No. 105 Subang. Sebenarnya SMPN 1 Subang , sama dengan SMPN lain, yang membedakan hanya fasilitasnya yang lebih memadai dan telah berstandar nasional juga mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Nasional. Penghargaan Adiwiyata adalah untuk sekolah yang berwawasan lingkungan. Banyak anak-anak yang ingin bersekolah di SMPN 1 Subang dan sepertinya menjadi suatu kebanggaan bila dapat masuk ke sekolah ini, namun sayang banyak juga yang mengurungkan niatnya karena mendengar anggapan bahwa yang dapat bersekolah di SMPN 1 Subang hanyalah anak-anak dari kalangan pejabat dan orang kaya saja.

            Benarkah hanya anak-anak pejabat dan orang kaya saja yang dapat bersekolah di SMPN 1 Subang?

Benarkah apabila bersekolah di SMPN 1 Subang harus membawa laptop?

Memang, banyak anak-anak orang kaya dan pejabat yang bersekolah di SMPN 1 Subang, tetapi mereka benar- benar lolos seleksi penerimaan siswa baru dan bukan mengandalkan kekayaannya. Apalagi di sekolah ini ada program beasiswa untuk siswa berprestasi dari kalangan masyarakat kurang mampu. Misalnya penulis sendiri yang berlatar belakang dari keluarga sederhana. Orang tua penulis bukanlah orang kaya ataupun pejabat, ayah hanya seorang peternak sapi kecil-kecilan dan ibu PNS hanya pelaksana pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Linmas. Jadi bukan berarti semua siswa SMPN 1 Subang berlatar belakang dari keluarga kaya dan pejabat. Tetapi ada pula siswa yang berlatar belakang dari keluarga sederhana.

Langkah mereka untuk bersekolah di SMP 1 Subang kembali terhenti karena adanya anggapan lain, bahwa yang bersekolah di SMP 1 Subang harus membawa laptop. Anggapan tersebut salah, karena kenyataannya fasilitas di SMP 1 Subang sudah cukup memadai salah satunya komputer. Di laboratorium komputer terdapat sekitar 24 unit, namun karena ada beberapa komputer yang rusak sehingga ada siswa yang tidak mendapatkan fasilitas komputer. Salah satu solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik, maka guru menghimbau agar membawa laptop bagi siswa yang memiliki laptop. Sehinga siswa yang tidak memiliki laptop dapat belajar dengan baik (mendapatkan fasilitas satu komputer).

Permasalahan lainnya yaitu SMPN 1 Subang pada tahun 2013 Mendapatkan pengahargaan Adiwiyata tingkat nasional. Kreteria sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional yakni : 1) Kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan; (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan; (3) Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; serta (4) Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.  Tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan utama program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Pertanyaannya “Apakah pantas SMPN 1 Subang mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari pemerintah?”

            Dilihat dari penampilannya yang asri dan bersih, juga telah memenuhi 4 kireteria sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, memang pantas SMPN 1 Subang mendapatkan penghargaan tersebut. Namun kenyataannya pada hari-hari biasa tidak sebersih saat sedang diadakan penilaian Adiwiyata tingkat nasional. Penghargaan ini seolah-olah hanya keberuntungan belaka. Banyak sampah yang berserakan di tempat-tempat tertentu  seperti di Aula, di kelas-kelas, kantin dan sepertinya warga SMPN 1 kurang begitu menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Penulis menginginkan agar kita sebagai warga di sekolah ini selalu peduli dengan kebersihan lingkungan sekolah, bukan hanya ketika akan ada penilaian saja, sehingga lingkungan sekolah kita akan selalu terjaga kebersihannya.

            Dari paparan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa anggapaan masyarakat tentang SMPN 1 Subang selama ini adalah tidak benar. Hilangkan semua anggapan tersebut karena hanya siswa yang bisa lulus ujian saringan masuk yang dapat bersekolah di sini. Dan mari kita jaga kebersihan lingkungan sekolah kita agar dapat mempertahankan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional.

0 komentar:

Posting Komentar