Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Pages

Selasa, 09 April 2019

Film Rumah Tanpa Jendela


Tugas rumah (individu)

Bahasa dan Sastra Indonesia

Semester genap

Arini Ratnasari

Kelas XI MIPA 6



1.      Ungkapkan apresiasi anda terhadap film Rumah Tanpa Jendela!

Menurut saya, film Rumah Tanpa Jendela ini sangat bagus dan sederhana. Namun dibalik film yang sangat bagus, masih tersimpan kelemahan. salahsatunya gerakan bibir pemain tidak pas dengan dialog atau lagu yang dinyanyikan.. Mengesampingkan kelemahan yang menurut saya cukup fatal ini (karena mengganggu kenikmatan penonton), Rumah Tanpa Jendela layak mendapatkan apresiasi lebih. Akting yang gemilang dipadu dengan naskah yang memikat, soundtrack yang enak didengar, sinematografi yang indah dan penyutradaraan yang tepat adalah alasan kenapa Rumah Tanpa Jendela harus masuk ke dalam list film wajib ditonton.



2.       Mengapa "Rumah Tanpa Jendela" dikatakan sebagai metafora yang mengena?

Pengertian dari metafora tersendiri : pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yg sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan. Jedela dalam film Rumah Tanpa Jendela merupakan sebuah metafora yang mengena. Karena kata jendela mimiliki makna  kata yang lain. Awalnya kata jendela tidak memiliki arti yang lain, namun dalam film ini jendela memilik makna lain, itu yang dikatakan sebagai metafora yang mengena. Dalam film Rumah Tanpa Jendela, jendela memungkinkan seseorang mengakases dunia lain (dari dalam atau dari  luar) tanpa meninggalkan tempatnya. Jendela memungkinkan orang melihat, bukan terlibat jika dibandingkan dengan pintu yang menyediakan akses untuk kluar/masuk.. Jendela adalah rasa syukur atau konsep penerimaan atas suatu kondisi. Itulah alas an mengapa Rumah TanpaJendela dikatakan sebagai metafora yang mengena.



3.      Pesan tersirat apa yang disampaikan oleh film tersebut.

·         Menyampaikan ajaran moral pada anak-anak untuk menghadapi realita social dalam masyarakat yang terfragmentasi dalam perbedaan, baik secara struktur social-ekonomi maupun kondisi fisik atau mental.

·         Harus bersyukur atas atas semua yang kita miliki (harta dan keluarga yang utuh)

·         Sesama manusia harus saling tolong menolong.

·         Tidak membeda-beda kan yang kaya dan yang miskin. Yang cacat dan yang tidak. Karena pada hakikatnya semua manusia sama dimata Tuhan.

·         Kita harus menerima apapun keadaan saudara kita dengan ikhlas, jangan malu dengan keadaan saudara kita tersebut.



4.      Anda yang sudah menonton film Rumah Tanpa Jendela, tentu memiliki pandangan tersendiri. Menurut anda, apa pendapat anda terkait pernyataan penulis dalam teks ulasan yang sudah ada?

Menurut saya teks ulasan yang sudah ada sangat bagus. Namun, teks tersbut sulit di pahami oleh saya, dikarenakan banyak menggunakan kata-kata dan istilah perfilm an yang tidak saya ketahui. Sehingga isi dari teks ulasan tersbut tidak tersampaikan semua.


0 komentar:

Posting Komentar